You are here TENTANG MTS Informasi Umum

Profil

Program Pascasarjana (S2) Magister Teknik Sipil diselenggarakan berdasar pada Surat Keputusan Dirjen DIKTI Depdiknas RI No. 340/DIKTI/Kep/2000 tanggal 19 September 2000. Program ini diselenggarakan mengingat tuntutan kemajuan dalam pengelolaan konstruksi, sumber daya air dan infrastruktur secara umum. Program ini disesuaikan untuk dapat diikuti oleh kalangan praktisi, akademisi serta lulusan baru (fresh graduate)

Visi

Visi Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Islam Sultan Agung adalah sebagai Program Studi Magister Teknik Sipil terkemuka dalam membangun generasi khaira ummah, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi atas dasar nilai-nilai Islam, dan membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah S.W.T dalam kerangka rahmatan lil ’alamin.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berorientasi pada kualitas dan kesetaraan universal yang dijiwai nilai-nilai Islam dengan cara:

Mendidik dan mengembangkan sumberdaya insani yang Islami pada bidang ilmu teknik sipil dalam rangka membangun generasikhaira ummah, dan kader-kader ulama tafaqquh fiddin, dengan mengutamakan kemuliaan akhlak, dengan kualitas kecendekiawanan dan kepakaran standar tertinggi, siap melaksanakan tugas kepemimpinan umat dan dakwah;

Merekonstruksi dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) atas dasar nilai-nilai Islam melalui berbagai penelitian dan pengajaran dengan sarana dan prasarana yang modern.

Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam membangun peradaban Islam menuju masyarakat sejahtera yang dirahmati Allah S.W.T dalam kerangka rahmatan lil ’alamin.

Tujuan

Terwujudnya rekonstruksi dan pengembangan ilmu dasar, ilmu teknik dan penerapannya atas dasar Islam, secara terus menerus dan berkelanjutan untuk kepentingan kemajuan dan kesejahteraan manusia.

Menghasilkan cendekiawan, pakar dan pendidik muslim dalam bidang ilmu dasar, ilmu teknik dan penerapannya yang mampu bersaing pada era kompetisi global, berakhlak mulia, menguasai nilai-nilai dasar Islam dan Islam untuk disiplin ilmu, serta karya-karyanya senantiasa dilandasi oleh pemikiran Islam, serta siap melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan umat dan dakwah.

Menghasilkan lulusan berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat yang:

  • Beriman, bertaqwa kepada Allah S.W.T, dan berakhlak mulia;
  • Memiliki kemampuan kepemimpinan yang amanah, dan melaksanakan dakwah Islam;
  • Memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat dan bangsa, beramal shaleh, berwawasan lingkungan, serta berpihak kepada kepentingan masyarakat umum utamanya kaum dhuafa’;
  • Menguasai ilmu dasar, ilmu teknik dan penerapannya;
  • Mampu mengidentifikasi, merumuskan, memecahkan masalah keteknikan, berlogika dan bernalar dengan baik;
  • Mampu menggunakan teknik, ketrampilan, peralatan modern dan teknologi informasi / hard ware dan soft ware komputer untuk aplikasi keteknikan;
  • Mampu menyampaikan dan mengekspresikan pendapat secara efektif, termasuk berkomunikasi dalam bahasa inggris;
  • Mampu bekerja dan mempraktekkan ilmunya secara aktual, profesional dan bermoral, inovatif, kreatif dan produktif yang mampu berkompetisi pada tingkat regional, nasional dan global;
  • Mengembangkan diri secara terus menerus dengan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menjadi pusat pelayanan keahlian dan konsultasi keteknikan, penerapan teknologi tepat guna, pusat data dan informasi teknologi, dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terutama bagi masyarakat Jawa Tengah sebagai perwujudan darI dakwah Islam.


Social Media